Jadikan Rumah Sebagai Investasi Anda

Rumahku Investasi Masa Depanku. Bagi generasi milenial, istilah itu sudah tak asing lagi. Rumah yang awalnya hanya sebatas sebagai tempat tinggal, kini bisa diubah menjadi tabungan masa depan. Dengan cara apa? Salah satunya dengan cara memanfaatkan rumah hunian menjadi rumah kontrakan atau kos-kosan. Rumah ini nanti akan sukses menjadi investasi bisnis properti yang sangat menguntungkan apabila kita bisa cermat dan tepat sasaran. Lalu, bagaimana caranya? Ini dia tips untuk ada yang bisa digunakan agar bisa memulai investasi rumah anda yang bisa menghasilkan pundi-pundi yang menguntungkan.

 

Utamakan Lokasi Strategis

Apa pun cara investasi rumah Anda, pastikan rumah tersebut berada di lokasi yang strategis. Suatu lokasi disebut strategis apabila berada di wilayah ramai, dekat dengan area perkantoran, pendidikan, dan pusat perbelanjaan, serta bebas banjir. Menginvestasikan rumah sebagai investasi yang berada di lokasi strategis akan menjadikan Anda mudah mendapatkan calon pembeli atau pengontrak.

Contohnya saja, jika Anda memiliki lokasi rumah yang strategis, seperti di pusat kota, dekat dengan obyek wisata, atau mudah diakses, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai rumah singgah.Kebanyakan pelancong mengutamakan ketiga unsur tersebut saat memilih sebuah akomodasi. Bayangkan, sebuah rumah singgah di Yogyakarta dapat mengantongi omzet setiap bulannya mencapai Rp 18 juta dengan keuntungan mencapai 70%.

 

Lakukan Renovasi Rumah Jika Diperlukan

Rumah yang bagus dan terlihat baru pasti lebih menarik minat orang untuk membeli atau mengontrak. Nah, jika rumah sebagai investasi yang ingin Anda investasikan tersebut adalah rumah yang dibangun beberapa tahun yang lalu, maka tidak ada salahnya Anda melakukan sedikit renovasi pada rumah Anda, misalnya untuk mempercantik bangunan, ruang kamar, atau menambah 1-2 kamar sesuai konsep yang Anda inginkan.Umumnya sebuah rumah singgah biasanya memiliki lebih dari satu kamar. Kondisi bangunan tentu menjadi daya tarik utama konsumen saat mencari akomodasi.Tak perlu mengubahnya menjadi rumah yang mewah yang memerlukan bujet besar untuk renovasi, terpenting renovasi dilakukan untuk merapikan dan membuat rumah terlihat lebih bersih. Jika perlu buatlah sebuah signature untuk rumah singgah Anda sehingga lebih menarik. Dan yang terpenting, sebelum Anda merenovasi, tentukan terlebih dahulu konsep rumah yang unik dan menarik.

 

Sediakan Fasilitas yang Memuaskan

Konsep rumah singgah berbeda dari rumah sewaan biasa, rumah singgah memberikan fasilitas lebih sebagai penginapan. Anda bisa menyediakan beberapa fasilitas tambahan seperti toiletries, handuk, hairdryer, televise, AC, peralatan masak dan sebagainya.Semakin banyak fasilitas yang bisa Anda berikan, semakin menjadi nilai plus bagi rumah singgah Anda.

 

Perhatikan Harga Sewa

Rumah singgah banyak diburu pelancong karena umumnya mematok harga lebih rendah dibanding motel ataupun hotel. Karena itu perhatikan penawaran harga. Jangan mematok harga tertalu tinggi, sesuaikan dengan harga pasaran. Penyesuaian harga juga harus sebanding dengan fasilitas dan lokasi yang Anda berikan.

 

Iklankan di Media yang Tepat

Seiring zaman, berbagai media baru bermunculan. Dengan demikian, Anda tidak boleh hanya mengandalkan media konvensional saja, melainkan Anda harus mengandalkan media yang tepat. Saat ini, media tepat yang dimaksud adalah situs internet dan media sosial. Melalui media tersebut, Anda juga bisa melakukan strategi promo agar lebih menarik calon investor Anda.

Sumber  :

https://www.rumah.com/berita-properti/2017/1/145468/homestay-ubah-rumah-jadi-mesin-uang

https://rumahminimalisanda.com/tips-menjadikan-rumah-sebagai-investasi/