Trend Terkini, Taman Rumah Mini

Memliki taman di rumah. Itu memang sering kali di impikan oleh orang-orang yang hobi untuk berkebun. Karena memang, dengan berkebun bisa merefreshkan otak dan badan yang lelah seharian setelah beraktifitas. Apalagi kalau memiliki taman sendiri dirumah, itu akan lebih memudahkan kita untuk meluapkan hasrat hobi berkebun kita serta taman itu sendiri dapat memberikan sentuhan indah ke penampilan rumah menjadi tampak segar karena sirkulasi oksigen menjadi lebih baik dan membuat bersemangat. Namun, sering kali impian sederhana itu memiliki kendala yang cukup memusingkan otak. Yap, kendala dalam lahan-nya.

Zaman sekarang, sebagian orang memilih untuk memiliki rumah dengan desain minimalis. Apakah dengan rumah minimalis kita bisa membuat taman? Jawabannya, bisa. Bagaimana caranya? Ikuti tips-tips berikut ini!

Pertimbangkan Luas Area yang Kamu Miliki

Ini dia permasalahan utama yang tadi diperbinangkan, karena memang luas area dari sebuah taman nanti akan menjadi hal pertama dan terpenting. Memang keuntungan temana dengan area yang luas akan lebih banyak. Namun, jangan khawatir apabila kamu mempunyai ruang yang sempit!! Kamu dapat membuat taman minimalis dengan memperhatikan tata letak dan jenis tanaman yang efisien dan ideal.

Pilihlah Tema Untuk Taman Mini Rumah Kamu

Tema taman rumah sebaiknya disesuaikan dengan tema desain atau gaya rumah kamu. Tema taman rumah sendiri ada banyak, contohnya, tema klasik, modern, tradisiona, tropis, dsb.  Selain gaya rumah, luas area juga cukup diperhatikan dalam pemilihan tema taman kamu nanti.

Pilihkan Tanaman yang Cocok

Setelah dua hal di atas sudah ditentukan, kini saatnya pemilihan tanaman yang cocok untuk taman kamu. Karena, pemilihan tanaman menjadi bagian yang cukup vital dan harus sesuai dengan tema yang telah kita ambil. Sebagai salau satu contohnya, kamu telah menentukan tema untuk luas area yang sempit yaitu tema tropis minimalis, maka, dalam pemilihan tanaman hindari pembelian tanaman yang terlalu banyak dan besar. Pilihlah tanaman yang kecil dengan dominan warna hijau. Serta, jangan lupa untuk memadukannya dengan tanaman berbunga setidaknya dua atau tiga jenis bunga saja agar taman kelihatan bervariasi dan tidak monoton.

Perhatikan Tata Letak Taman Rumah

Tata letak ini bergantung pada luas area yang kamu miliki. Perhatikan sisa lahan apakah berada di depan rumah, samping, atau belakang rumah. untuk kamu yang tidak memiki lahan di bagian itu, kamu bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan membuat taman rumah di dalam rumah kamu. Aneh? Jangan salah! Konsep indoor garden sedang marak saat ini.

Perhatikan Drainase

Fungsi drainase adalah untuk mengatur dan menyerap kelebihan air supaya tidak menggenang. Jika sistem drainase baik, maka tanaman akan tumbuh subur. Kondisi tanah juga penting lho dalam berkebun. Jangan membuat tanah terlalu kering, karena tanah membutuhkan unsur hara untuk tetap tumbuh. Sebaliknya, terlalu basah junga nggak baik lho, soalnya akar tanaman cepat membusuk kalau terendam air terus menerus.

Nah, itu tadi tips untuk kamu yang menginginkan taman mini yang cocok dan sesuai dengan kondisi rumah kamu. Dan jangan lupa, memberi kasih sayang terhadap tanaman yang ada di taman mini kamu nanti adalah yang terpenting agar tanaman tetap terawat dan tumbuh dengan baik. Try it at home and Good Luck guys!!

Sumber : https://www.dekoruma.com/artikel/59464/membuat-taman-rumah-mini