Dapur Dan Ruang Kelurga Menjadi Satu Ruangan

Semua orang pasti sudah familiar dengan istilah “Dapur Adalah Jantung Rumah”. Disinilah para penghuni rumah mereproduksi mimpi dan di mana kita berbagi kemenangan dan kesedihan kita. Sebuah tempat di mana minuman dingin dan makanan bisa membawa kita kembali hidup. Di sini kita menghabiskan banyak waktu ketika berada di rumah karena tidak hanya untuk memasak, tapi juga untuk makan, bekerja, bicara, melakukan pekerjaan rumah, bahkan meditasi.

Begitu juga dengan ruang keluarga. Sesuai dengan namanya, di tempat inilah seluruh anggota keluarga tercinta berbagi cerita, canda tawa, kesedihan, seperti halnya dapur tadi. Di tempat ini juga, keharmonisan sebuah keluarga dibangun.

Dari konsep pemikiran tersebut muncullah berbagai permasalahan. Contohnya,

Desain rumah sudah jadi tapi masih bingung dengan tata ruangan? Ingin memiliki seluruh unsur ruangan dalam sebuah rumah, mulai dari dapur sampai ruang keluarga tapi kapasitas luas rumah tidak memadai?

Permasalahan itu memang terkadang cukup sukses untuk memusingkan kepala. Dua unsur penting sebuah rumah tadi ingin ada di sebuah tempat yang memiliki kapasitas ruang yang tidak cukup besar. Untuk menyiasati masalah tersebut, Kita sebenarnya dapat memiliki ruang keluarga yang menyatu dengan area dapur. Konsep ini biasanya hadir dalam ruang terbuka atau open space tipikal rumah-rumah dan apartemen-apartemen berukuran kecil atau istilahnya konsep minimalis.

Dengan menggabungkan ruang keluarga dan dapur dalam satu ruang, kita akan  mendapatkan keuntungan ganda baik. Kegiatan bersama saat makan, nonton TV, dan atau sekedar berkumpul untuk berbagi cerita hari ini dapat dilakukan dengan nyaman dan santai. Sehingga konsep rumah ini menjadikan area rumah menjadi terasa lebih hidup dan harmonis.

Dan, untuk mewujudkan penggabungan ruangan di dalam rumah tentu bukan tanpa kendala. Keterbatasan ruang yang dimiliki membuat kita tidak dapat merancangnya dengan pilihan gaya desain yang “berat” dan mewah, seperti model klasik misalnya. Gaya desain yang mungkin paling cocok adalah minimalis. Mengapa? Karena gaya desain minimalis yang berpadu dengan beragam perabotan multifungsi akan menampilkan ruang keluarga plus dapur rumah Anda semakin terlihat memiliki keseimbangan dan visualisasi yang sempurna.

Masih bingung dengan konsep tersebut? Ini dia tips untuk kalian agar konsep 2in1 ini sesuai ekspektasi dan berhasil terealisasi dengan sempurna.

1.Pilihlah ruangan yang paling luas dalam suatu rumah

Selain memilih ukuran yang paling luas, ruangan tersebut juga harus memiliki akses yang mudah, seperti persis berada di bagian tengah area dalam rumah. Hal ini dilakukan sebagai pertimbangan bahwa area ruang keluarga dan dapur merupakan sentrum rumah Anda, sehingga mudah dijangkau oleh setiap penghuni.

2.Jangan ada dinding pembatas

Dalam beberapa situasi, keberadaan dinding pembatas justru terasa membebani ruangan dan membuat tampilan ruangan terasa makin kecil dan sempit.

3.Cat warna senada

Pemilihan dan penggunaan warna dalam konsep ini menjadi unsur yang perlu diperhatikan. Pemilihan warna antara cat untuk ruang keluarga dan dapur haruslah serasi dan memberikan kesan keselarasan dan keseimbangan yang harmonis. Sehingga, hindari memilih cat yang berbeda-beda, karena akan menimbullkan bentrok pemandangan di dalam ruangan tersebut dan terlihat tidak enak dilihat.

4.Meminimalkan jumlah furniture

Karena ruang eluarga dan ruang makan dijasikan satu, terlebih lagi kapasitas ruangan yang tak begitu luas, maka sebaiknya jangan sampai menyimpan furniture yang terlalu banyak karenahal tersebut malah mengganggu. Pilihlah furniture atau barang yang memang benar-benar sangat dibutuhkan dan juga multifungsi.

5.Penggunaan lampu agar terkesan lebih luas

Penggunaan lampu merupakan faktor yang dapat memberika kesan luas ruangan lebih luas. Sebaiknya gunakan lampu yang terang seperti lampu sorot atau lampu LED di tengan ruangan. Pasang juga wallpaper dinding sebagai hiasan agar desain interior nampak lebih cantik.

Itu dia sedikit tips yang dapat membuat konsep 2in1 atau dapur dan ruang keluarga dalam satu ruangan dapat terwujud dengan sempurna. Sehingga, atmosfer kebersamaan dalam rumah kita dapat lebih terasa.