Indahkan Rumah Dengan Cat Motif Marmer

Kalau sudah berurusan dengan interior dan eksterior rumah pasti tidak ada habisnya. Karena, sebagian waktu kita habiskan di dalam rumah, maka secara alamiah kita ingin membuat rumah menjadi nyaman indah sehingga betah tinggal didalamnya. Dalam hal itu, sang pemilik rumah harus bisa sekreatif mungkin untuk menghias, mendekor, memodifikasi rumah agar terlihat indah sesuai dengan apa yang diinginkan.

Dan terkadang, kita menginginkan sesuatu yang baru, mewah, dan murah untuk dekor rumah kita. Emang ada? Ada. Ini dia tips cara mengubah rumah menjadi lebih mewah dengan cara mengubah tiang teras rumah yang hanya terbuat dari beton cor agar bisa menjadi deretan tiang yang seolah terbuat dari bebatuan marmer. Cukup membayangkannya saja sudah jelas bagaimana pemandangan depan rumah kita menjadi lebih elegan dan mewah.

Jadi, sekarang jangan terlalu lama membayangkan. Yuk, langsung kita praktekan. Simak baik-baik cara dibawah ini ya.

Oke, pertama kalian perlu menyiapkan alat dan bahan-nya, antara lain:

  1. Cat Akrilik
  2. Cat dengan warna senada (gradasi) sesuai selera
  3. Air untuk pengencer
  4. Kuas dalam berbagai ukuran, baik kecil, medium, maupun besar
  5. Lap microfiber
  6. Koran

Sebelumya, ada yang perlu untuk kalian perhatikan. Sebelum kalian melakukan pengecatan motif marmer, tiang kalian harus dihaluskan kemudian  dicat dengan cat semi-gloss agar terlihat agak mengkilap dan yang terpenting pastikan tiang bersih dari segala jenis debu dan kotoran.

Oke, lanjut. Setelah alat dan bahan sudah tersedia seluruhnya, lanjut ke tahap pengecatannya. Ini dia caranya!

  1. Pertama, cat permukaan pilar beton dengan warna dasar cat akrilik. Pengecatan bisa dilakukan dengan teknik kuas. Jika mengecat dengan kuas, usahakan mengecat dengan cara miring atau diagonal. Tujuannya untuk meratakan warna dan tekstur.
  2. Setelah selesai, sekarang saatnya membuat motif marmer. Caranya adalah dengan sapukan warna gradasi yang agak gelap secara diagonal secara acak. Arah sapuan harus sama dengan sapuan cat dasar agar mengesankan arah serat marmer yang sama.
  3. Ambil kuas yang berukuran lebih kecil. Lakukan cara yang sama untuk gradasi cat yang lebih tua. Bila perlu, selagi masih basah, usap dengan lap microfiber untuk mengesankan serat marmer yang alami. Atau bisa juga dengan mengusapnya dengan kuas yang lebih besar untuk mendapatkan sisa sapuan yang lebih tipis.
  4. Lakukan cara yang sama hingga efek marmer benar-benar terlihat.
  5. Untuk efek retakan warna ster pada marmer, bisa digunakan koran sebagai cetakan. Caranya, sobek koran secara memanjang. Tempelkan koran pada lapisan pilar yang dikehendaki. Jadikan sobekan koran tersebut sebagai cetakan pembuat retakan ster pada marmer. Hasil retakan akan lebih alami.

Demikian tips agar rumah terlihat mewah dan indah dengan cat motif marmer. Semoga bermanfaat dan kalian bisa sukses mempraktekannya di rumah kesayangan kalian.