Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Di Indonesia, material tanah liat sudah dikenal jauh sebelum abad ke-19. Akan tetapi, perkembangan genteng baru pesat di Indonesia bermula di tahun 1920-an. Genteng tanah liat merupakan salah satu dari jenis-jenis atap rumah yang digng yang mempunyai bidang datar pada bagian tengahnya, gemari oleh masyarakat di indonesia karena harganya yang bernilai bersahabat.

Genteng tanah liat dicetak dalam berbagai bentuk sesuai dengan khas daerah produksi masing-masing. Beberapa macam cetakannya diantaranya adalah:

  1. Genteng Kodok
    genteng kodok merupakan genteng yang mempunyai bidang datarpada bagian tegahnya, dimana pada bagian bawah genteng terdapat lekukan yang berfungsi sebagai pengunci pada reng.
  2. Genteng Morando
    Genteng berikut merupakan salah satu jenis genteng tanah liat lainya. Genteng ini dibagi menjadi dua macam yaitu yang sudah di glazur dan belum di glazur.
  3. Genteng Plentong
    Merupakan tipe genteng dengan model biasa(standar), dengan permukaan yang datar dari atas hingga bawah. Genteng ini memiliki lekukan pada sisi sampingnya.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

  • Kelebiahan dari genteng tanah liat, diantaranya:
  1. Harganya yang murah
    Harga genteng tanah liat cukup murah jika dibandingkan dengan jenis genteng lainya.
  2. Bobot yang ringan
    Tidak hanya murah, genteg tanah liat juga memiliki berat yang ringan. Karena beban atap justru akan terminimalkan dengan penggunaan genteng tanah liat sebagai penutup atap.
  3. Kuat tekanan
    Kelebihan lain dari genteng tanah liat adalah kuat tekan, dengan kekuatanya ini genteng tanah liat bisa diinjak tdan cukup kuat untuk menahan berat badan tubuh lelaki dewasa.
  4. Tidak panas
    jiak genteng yang terbuat dari seng atau esbes akan meningkatkan suhu ruangan ketika terkena panas matahari. Sedangkan pada genteng berbahan tanah liat, panas tidak akan menembus kedalam ruangan karena memiliki bahan yang tebal.
  5. Tidak menimbulkan bising
    Genteng tanah liat memiliki lengkukan antar sisinya pada saat hujan percikan air hujan tidak akan terasa bising di dalam ruangan.
  6. Tahan lama
    genteng tanah liat ternyata cukup tahan lama.
  • Kekurangan genteng tanah liat diantaranya:
  1. Rawan bocor
    Pemasangan genteng berikut memerlukan ketelitian karena jika hal tersebut tidak di lakukan akan menimbulkan kebocoran.
  2. Mudah berlumut atau berjamur.
  3. Sistem pemasangan yang rumit.
  4. Warna cepat pudar
    karena genteng tanah liat melakukan proses pembakaran tanpa menggunakan tambahan bahan lainya. Oleh karena itu, jika genteng terlalu sering terkena panas hujan warna genteng perlahan akan pudar.

Demikian kelebihan dan kekurangan genteng tanah liat. Semoga bermanfaat.