Merawat Bonsai Adenium Agar Rajin Berbunga

1. Cahaya Matahari

Paparan sinar matahari merupakan faktor terpenting dalam merawat bonsai adenium. Jenis bonsai ini harus menerima paparan cahaya matahari kurang lebih 5 jam sehari. Semakin tinggi intensitas dan lama penyinaran, tumbuhan akan tumbuh optimal dan percabangannya pun semakin kokoh.

2. Media Tanam

Pilih media tanam porus, yang tidak mudah mengikat air dan sulit memadat. Gunakan campuran pasir, pupuk kandang dan pecahan arang sebagai media tanam dengan perbandingan 1:1:1.

3. Penyiraman Dan Pemupukan

Hindari penyiraman tanaman berlebihan pada saat musim hujan. Untuk pupuk, Anda bisa menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk kompos.

4. Suhu Ruang

Suhu ruang yang ideal untuk pertumbuhan bonsai Adenium sekitar 5-52 derajat celcius. Oleh karena itu cobalah membuat ruangan dengan suhu yang diperlukan oleh tanaman ini.

5. Pemangkasan

Pemangkasan berfungsi untuk memutus siklus hidup hama dan penyakit, serta membuat tumbuhnya tunas baru sehingga bunga pun semakin bermekaran. Jika ingin tanaman terlihat mungil dan rapi maka rutinlah melakukan pemangkasan. Namun sebaliknya juga, jangan terlalu sering karena bisa membuat tampilan tanaman semakin lebar.